Lompat ke isi utama

Berita

PENDAFTARAN CALON WALIKOTA PRABUMULIH DIBUKA HARI INI, BAWASLU LAKUKAN PENGAWASAN MELEKAT

Pasangan Calon Arlan-Franky menerima cenderamata dari KPU setelah menyerahkan berkas

Prabumulih, 27 Agustus 2024

KPU Kota Prabumulih membuka pendaftaran pencalonan Walikota Prabumulih hari ini, Selasa, 27 Agustus 2024. Pendaftaran berlangsung 2 hari yaitu 27-29 Agustus 2024. Bagi siapa saja yang ingin mendaftarkan diri baik perseorangan maupun usungan kelompok partai dapat mendaftar secara langsung dan menyerahkan berkasnya di KPU Kota Prabumulih, Jl. Jend. Ahmad Yani Kel.Prabujaya Kec. Prabumulih Timur. 

 

Pada hari ini, baru satu paslon yang mendaftarkan diri yaitu pasangan Arlan dan Franky. Pasangan Arlan dan Franky didampingi oleh para simpatisan dan pendukung yang menggunakan pakaian serba biru dan berlogo foto Arlan-Franky di belakangnya. Arlan dan Franky sempat memberikan pernyataan bahwa sasaran mereka dan keyakinan mereka adalah pada Generasi Z atau Gen Z. “ Kami yakin dan kami mampu untuk maju, dan kami yakin terhadap Gen Z,” ujarnya dengan penuh semangat di hadapan khalayak ramai. 

KPU Kota Prabumulih melakukan penilaian satu tolak ukur dokumen yang diberikan oleh pasangan calon apakah sudah lengkap atau belum lengkap. “KPU pada kali ini menerima pimpinan partai politik untuk mendaftarkan bakal pasangan calonnya ke KPU, dalam hal ini pimpinan partai politik memberikan dan menyampaikan kepada kami KPU berupa berkas dan dokumen persyaratan calon. Dan pada hari ini juga kami KPU melakukan penilaian dengan satu tolak ukur penilaian. Berdasarkan informasi dari kesekretariatan kami bahwa dokumen persyaratan calon dan persyaratan pencalonan dari Bapak Arlan dan Franky kami nyatakan lengkap,” ujar pernyataan Martadinata selaku Ketua KPU Prabumulih. Martadinata menyampaikan bahwa terdapat bagian dari proses ini terdapat pemeriksaan kesehatan di RSMH Palembang. “Untuk pasangan calon yang mendaftarkan diri hari ini maka akan mendapatkan jadwal untuk pemeriksaan kesehatan dari tim dokter yang ada di Palembang yaitu tanggal 28 Agustus 2024 besok,” tambahnya. KPU akan melakukan konferensi pers di RSMH Palembang pukul 07.00 WIB dan memberikan kesempatan bakal pasangan calon untuk berkonferensi pers di sana. 

Sebagai informasi total keseluruhan suara sah pada Pemilu 2024 yang lalu di Kota Prabumulih sebanyak 117.961 suara. Kemudian pasangan Arlan-Franky yang didukung oleh partai pengusung PAN, PBB, Gerindra, dan Hanura memperoleh suara sah sejumlah 35.102 suara pada Pemilu 2024 yang lalu tersebut. 

KPU Kota Prabumulih turut menyerahkan berita acara kelengkapan dokumen paslon dan surat pengantar pemeriksaan kesehatan ke RSMH Palembang bagi pasangan calon oleh KPU Prabumulih. KPU Prabumulih turut memberikan cenderamata berupa plakat kepada pasangan calon.  Bawaslu Kota Prabumulih sendiri melakukan pengawasan langsung dalam proses pembukaan pendaftaran tersebut dengan menurunkan tim yang ditugaskan ke KPU dan dipimpin oleh Ketua Bawaslu Kota Prabumulih dan diampingi oleh dua orang Anggota Bawaslu Prabumulih.  [fr]

[fr]