Lompat ke isi utama

Berita

APEL SIAGA BAWASLU JELANG MASA TENANG INTEGRASIKAN PERAN STRATEGIS BAWASLU DAN LEMBAGA TERKAIT HADAPI MASA TENANG

Bawaslu Prabumulih berfoto bersama stakeholders Kota Prabumulih

Prabumulih, 10 Februari 2024

Semakin dekatnya pelaksanaan Pemilu 2024 yang tinggal menghitung hari membuat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Prabumulih perlu menggelar sebuah acara yang bernama Apel Siaga Pengawasan Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara pada Pemilu 2024. Adapun Bawaslu menyelenggarakan kegiatan tersebut pada Sabtu, 10 Februari 2024 bertempat di lapangan Taman Kota Prabujaya-Prabumulih pukul 14.00 WIB. 

Tujuan dari Apel Siaga ini adalah untuk mengintegrasikan peran dan tugas Bawaslu Prabumulih terhadap elemen kelembagaan lain di Prabumulih yang juga memiliki peran strategis dalam mengawal dan mengawasi jalannya proses pemilu yang demokratis yang akan dilaksanakan pada Rabu, 14 Februari 2024. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai commitment stressing dari Bawaslu itu sendiri sebagai lembaga penyelenggara pemilu yang berintegritas penuh dalam upaya mencegah adanya tindakan pelanggaran kepemiluan, menyelesaikan persengketaan antar peserta pemilu, menangkal adanya upaya sabotase atau penyalahgunaan wewenang terhadap hasil pemilu, dan menjaga kedaulatan demokrasi Indonesia. 

Ketua Bawaslu Prabumulih, Afan Sira Oktrisma terus menekankan dan menegaskan kepada masyarakat Prabumulih bahwasannya lembaga yang dikendalikan dan dipimpinnya akan terus konsisten dalam melakukan pengawasan yang melekat terhadap hari yang terus tersisa mendekati pelaksanaan pemilu mulai dari distribusi logistik surat suara nanti dari Gudang KPU ke seluruh kecamatan yang ada di Prabumulih, kelurahan, hingga menghadapi masa tenang 11-13 Februari 2024 esok.

Keberadaan 670 PTPS yang turut serta dalam apel gabungan ini ditegaskan pula adalah sebagai momen penanda bahwa peran PTPS juga tak kalah hebatnya dengan penyelanggara pemilu lainnya. PTPS ibarat ujung tombak pengawasan pada tingkat akar hingga ke atas. Artinya pengawasan dan penilaian yang mereka lakukan akan berjenjang ke kecamatan hingga kota apabila tidak tuntas pada tingkat yang lebih rendah. Mereka diharapkan dapat berpikir kritis dan cerdas dalam mengambil sikap serta keputusan. 

Di sela apel, Pj Walikota Prabumulih, H. Elman, ST.,MM turut memberikan kata sambutannya dan support bagi Bawaslu Prabumulih dalam usahanya menjalankan tugas dan peran sebagai tonggak demokrasi. Turut hadir Kapolres Prabumulih, AKBP Endro Aribowo, S.I.K.; Ketua DPRD Prabumulih, Sutarno,SE; Kajari Prabumulih, Roy Ryadi, SH, MH; Ketua KPU Prabumulih, Martadinata; Koramil 404/02; Camat Prabumulih Timur; Satpol PP, Dishub, Dinas Perkim, dan tamu undangan terkait lainnya. [fr]

[fr]