Lompat ke isi utama

Berita

53 ORANG DARI ENAM KECAMATAN SE-KOTA PRABUMULIH IKUTI TES CAT PANWASLU 2024

Peserta Tes CAT serius memahami dan menjawab soal di layar komputer

 

Prabumulih, Selasa 14 Mei 2024

Sebanyak 53 orang dari seluruh enam kecamatan yang tersebar di Kota Prabumulih mengikuti TES CAT Calon Panwascam Baru bagi Pilkada Serentak 2024 mendatang pada  Selasa, 14 Mei 2024. Mereka berasal dari Kecamatan  Prabumulih Timur, Prabumulih Barat, Prabumulih Selatan, Prabumulih Utara, Rambang Kapak Tengah dan Cambai. Computer Assisted Test ini bertujuan untuk menjaring dan menyeleksi kemampuan para peserta terkait pengetahuan kepemiluan yang ada di Indonesia selama ini sehingga dapat ditentukan nilai dan kapasitas mereka sebagai calon Panwascam yang akan bekerja memantau dan mengawasi jalannya pemilu kepala daerah nanti. Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa Pilkada akan diselenggarakan secara serentak pada 27 November 2024 mendatang. 

Pelakasanaan tes CAT ini ditaja sepenuhnya oleh Sekretariat Bawaslu Kota Prabumulih dengan mengambil lokasi di LKP Widya Eduskill Jl. Padat Karya Prabumulih-Sumatera Selatan. Para peserta terbagi dua gelombang yaitu pagi pukul 09.00 WIB dan siang pukul 13.00 WIB. Jumlah peserta laki-laki sebanyak 34 orang dan perempuan 19 orang. Semua peserta diwajibkan mengikuti aturan yang berlaku mulai dari kedisiplinan waktu hingga kedisiplinan pada proses berjalannya tes. Peserta yang tidak mengikuti peraturan dan mengambil perhatian terkait peraturan tersebut maka tidak dibenarkan untuk mengikuti Tes CAT. 

Sebanyak 100 soal tentang kepemiluan, bangsa dan negara, UUD 1945, Pancasila, serta Undang-Undang Kepemiluan, disajikan kepada peserta sebelum menjawab soal essai yang berjumlah 10 soal. Terdapat sesi wawancara pula yang akan diikuti oleh mereka setelah dimaklumkan tanggal pelaksanaan sesi wawancara setelah diatur oleh Bawalu Kota Prabumulih. Penilaian Tes CAT ini secara objektif dilakukan dan dikelola publikasinya oleh Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan. 

Untuk diketahui, bahwa jumlah Panwascam baru yang akan diterima ini berjumlah 11 orang yang mana dari alokasi kebutuhan sebanyak 18 orang telah diisi sebelumnya sebanyak 7 orang Panwascam lama yang telah bekerja sebelumnya, atau yang saat ini disebut sebagai Panawascam Existing. Mereka adalah orang-orang yang telah menjalani proses penilaian secara langsung oleh Bawaslu daerah masing-masing serta telah menjalani serangkaian tes online tertulis pada 27 April 2024. Selanjutnya mereka akan bekerja dan berkolaborasi bersama dengan 11 orang Panwascam baru jika sudah dilantik oleh Bawaslu Prabumulih.  [fr]