Lompat ke isi utama

Berita

22 Kandidat Calon Panwascam Pilkada 2024 Diwawancara Bawaslu Prabumulih

Salah seorang kandidat pelamar yang lulus seleksi Tes Tertulis/CAT diwawancara oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Prabumulih di Hotel Fave Prabumulih pada Ahad, 19 Mei 2024

22 Kandidat Calon Panwascam Pilkada 2024 Diwawancara Bawaslu Prabumulih

 

Prabumulih, Ahad 19 Mei 2024

Sebanyak 22 orang mengikuti seleksi tes wawancara calon anggota Panwascam  Kecamatan se-Kota Prabumulih pada Ahad, 19 Mei 2024 di Fave Hotel Prabumulih. Wawancara ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk penyaringan kapasitas dari masing-masing diri mereka dan untuk menentukan siapa yang pantas menjadi Panwascam pada enam kecamatan di Prabumulih sempena pelaksanaan Pilkada Serentak 27 November 2024 mendatang.  Adapun jumlah yang akan diambil dari seleksi wawancara ini sebanyak 11 orang dan akan digabungkan dengan 7 orang Panwascam ‘Existing’ atau yang lebih dikenal dengan Panwascam lama yang telah bekerja semasa Pilpres dan Caleg 2024 lalu.

“Bawaslu Kota Prabumulih, selaku penyelenggara utama proses seleksi wawancara ini menyebutkan bahwa terdapat 17 orang laki-laki dan 5 perempuan yang menjalani wawancara ini,” ujar Adi Satria selaku Koordinator Sekretariat Bawaslu Prabumulih. Afan Sira Oktrisma, Ketua Bawaslu Prabumulih memimpin jalannya proses wawancara ini dengan melontarkan berbagai pertanyaan yang telah menjadi indikator dan dipersiapkan oleh Bawaslu itu sendiri, terkhususnya dari Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan. Beberapa pertanyaan yang sering diutarakan adalah terkait pengetahuan umum mereka tentang daerah sekitar dan tempat tinggal, kepemiluan, pengalaman kerja dan motivasi peserta dalam melamar sebagai panwascam. 

Seorang pelamar yang bernama Baroqah Sumantri dari Prabumulih Selatan sempat ditanyai tentang integritas dirinya oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Prabumulih.  ‘Alhamdulillah, integritas saya siap Pak terkait undang-undang,’ ujarnya. Lain pula dengan Inggri Elingka, seorang kontributor dari TV One dari Prabumulih Utara yang mengikuti ini kesempatan ini bertujuan untuk menambah pengalamannya. Ada pula hal yang unik dalam seleksi kali ini yang mana terdapat mantan Komisioner KPU Kota Prabumulih periode 2024 lalu, Surya Muda Karana mengikuti seleksi menjadi calon Panwascam ini dengan motivasi bahwa kehidupan yang penuh tantangan ini memberikan nilai tersendiri  yang bernilai  bagi dirinya. 

Pada proses seleksi wawancara ini, turut dihadiri pemantauan secara langsung oleh Ahmad Naafi, SH., M.Kn selaku Anggota Bawaslu Sumatera Selatan Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi. Ia turut memberikan pertanyaan, pandangan, serta nasehat kepada para peserta di sela-sela proses berlangsung terutama yang berkaitan dengan pengawasan dan jenis-jenis pelanggaran pada proses pemilu. Pelanggaran pemilu tersebut, di antaranya adalah jenis pelanggaran pidana, pelanggaran administrasi pemilu, dan pelanggaran kode etik penyelanggara pemilu. Untuk diketahui pula pula bahwa penyelenggara pemilu terdiri dari tiga unsur yaitu, KPU, Bawaslu, dan DKPP. Turut serta pula Anggota Bawaslu Kota Prabumulih sebagai penguji, Lia Siska Indriani, S.Pd dan Bery Andika, SE. 

Sebagaimana yang telah diinformasikan akan rentang waktu rekrutmen Calon Anggota Panwascam yang baru ini untuk Pilkada Tahun 2024, Bawaslu Prabumulih akan melakukan pengumuman kelulusan para peserta seleksi interview ini pada 23 Mei 2024 melalui media sosial resmi, website, dan pengumuman langsung yang akan ditampilkan di Sekretariat Bawaslu Prabumulih, kemudian mereka akan dilantik pada 24-25 Mei 2024. [fr]

[fr]